WELCOME TO MY BLOG

STASIUN KERETA API KOTA PADANG PANJANG


STASIUN KERETA API
KOTA PADANG PANJANG

Stasiun Padangpanjang (PP) adalah stasiun kereta api nonaktif kelas II yang berada di Jalan Sutan Syahrir, Silaing Atas, Padangpanjang Barat, Padangpanjang. Stasiun yang terletak pada ketinggian +773 m ini termasuk dalam Divisi Regional II Sumatra Barat.
Stasiun Padangpanjang dulunya merupakan percabangan antara PadangPayakumbuh, dan Sawahlunto. Sekarang, jalur menuju Payakumbuh sudah dinonaktifkan. Saat ini stasiun ini hanya menjadi terminus untuk kereta api dari Sawahlunto, karena jalur kereta api menuju Padang masih direnovasi dan diperkuat, sehingga belum bisa dilewati kereta api.
Stasiun Padangpanjang mempunyai subdipo lokomotif, yang digunakan menyimpan lokomotif BB204. Selain itu, stasiun ini dahulu menjadi pemberhentian kereta api batu bara dari pertambangan batu bara Ombilin di Sawahlunto yang hendak menuju Pelabuhan Teluk Bayur, yang sudah tidak aktif sejak awal tahun 2003 karena habisnya batu bara. Bekas gerbong-gerbong pengangkut batu bara masih disimpan dan dirawat dengan baik di stasiun ini.
Kereta api terakhir yang berhenti di stasiun ini adalah kereta api wisata Danau Singkarak, yang sudah nonaktif secara reguler sejak 2014.
Description: Hasil gambar untuk stasiun kereta api padang panjang
Sumber : Wikipedia


0 komentar: