WELCOME TO MY BLOG

Unsur - Unsur Berita


UNSUR – UNSUR BERITA
Berikut ini adalah unsur – unsur berita
Unsur – unsur berita adalah hal yang harus ada dalam berita. Jika unsur – unsur ini tidak terdapat, maka berita tersebut akan menjadi berita yang rancu dan tidak bisa diterima masyarakat dengan baik. Unsur – unsur tersebut adalah 5W + 1H.
1.   
          What (apa)
Unsur ini meliputi apa saja yang terkandung dalam berita. Unsur “what” dalam berita biasanya pembahasan mengenai peristiwa apa yang sedang hangat – hangatnya dibicarakan di tengah kalangan masyarakat. Membuat berita tidak asal mencurahkan isi hati seperti karangan – karangan naratif. Akan tetapi, harus mampu mempertanggung jawabkan kebenarannya, maka dari itu harus membahas sesuatu yang kebenarannya dapat dibuktikan sehingga tidak menimbulkan keresahan dalam masyarakat.

2.      Where (dimana)
Where adalah tempat dimana peristiwa itu terjadi. Berita harus memuat lokasi kejadian sehingga berita menjadi jelas dan dapat dnegan mudah dipahami.

3.      When (kapan)
When adalah kapan terjadinya peristiwa yang sedang dibahas dalam berita. Waktu terjadinya peristiwa harus dijelaskan secara jelas sehingga berita menjadi mudah untuk dimengerti dan diterima masyarakat.

4.      Who (siapa)
Unsur “who” meliputi subjek yang bersangkutan dalam berita tersebut. Yaitu siapa saja yang terlibat dalam kejadian yang diberitakan tersebut. Orang – orang yang terlibat dalam berita harus disebutkan secara jelas sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman.

5.      Why (mengapa)
Unsur “why” merupakan bagian yang menjelaskan mengapa peristiwa itu bisa terjadi. Unsur ini biasanya meliputi alasan dan latar belakang masalah atau peristiwa yang diberitakan.

6.      How (bagaimana)
Unsur terakhir ini adalah memuat bagaimana peristiwa tersebut bisa terjadi. Biasanya pada bagian ini dijelaskan secara kronologis mengenai bagaimana peristiwa tersebut.

Hasil gambar untuk unsur berita

0 komentar: